Metodologi penelitian pendidikan/Jasa Ungguh Muliawan
Abstrak
Prinsip dasar penelitian di semua bidang studi secara umum terdiri dari 3 tahap, yaitu: penginderaan (pengumpulan data), pengolahan dan representasi (penyajian). Namun ketika diterapkan pada dataran praktis, terjadi banyak penyimpangan. Mulai dari ketidak-tepatan objek yang menjadi sasaran; - sistem, struktur dan mekanisme kerja yang digunakan; - sampai pada keserasian bentuk penyajian hasil penelitian. Dalam studi penelitian pendidikan mengalami kejadian yang serupa. Metodologi penelitian pendidikan yang berkembang dan digunakan selama ini selalu mengedepankan metode penelitian teoritis dan imajinatif. Sekilas tampak hebat dengan berbagai macam rumus, konsep, hitungan, dan teori yang kompleks dan rumit, tetapi ketika diterapkan pada dataran praktis menjadi tidak jelas arah dan tujuannya. Akibatnya, hasil penelitian yang diperoleh pun cenderung bersifat abstrak dan tidak aplikatif. Pada dataran teori seperti penelitian di bidang metafisika, filsafat dan keagamaan; - konsep tersebut “benar” dan bahkan menjadi suatu “keharusan”. Tetapi masalahnya dalam studi penelitian pendidikan tidak hanya bergerak dalam kawasan teoritis, tetapi juga praktis. ( Disusun oleh : C. Nur Kamelia.S.S.I )
Kata kunci : Penelitian, metodologi
Pada buku ini terdapat IV BAB yaitu :
BAB I Dasar-dasar penelitian ilmu empiris
BAB II Struktur ilmu pendidikan
BAB III Metode penelitian pendidikan
BAB IV Dasar-dasar pengembangan , dan aplikasi penelitian pendidikan
Tidak tersedia versi lain